Mahasiswa KKN UM Lakukan Aksi Kerja Bakti dan Pungut Sampah di Ikon Wisata Desa Madiredo

Desa Wisata Madiredo

Mahasiswa KKN UM Lakukan Aksi Kerja Bakti dan Pungut Sampah di Ikon Wisata Desa Madiredo

Kuliah Kerja Nyata atau KKN merupakan salah satu upaya Universitas Negeri Malang untuk merealisasikan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian. Lokasi penempatan KKN UM tersebar ke berbagai daerah di Jawa Timur. Salah satu lokasi penempatan KKN UM terletak di Desa Madiredo, Kecamatan Pujon Kabupaten Malang. Desa Madiredo memiliki ikon wisata Telaga Madiredo yang terletak di Dusun Lebo.  

Salah satu program kerja yang telah dilaksanakan oleh mahasiswa KKN UM di Desa Madiredo ialah aksi kerja bakti dan pungut sampah di area Telaga Madiredo pada hari Sabtu (25/5). Program kerja ini dilaksanakan sebagai salah satu usaha untuk menarik minat wisatawan. “Telaganya itu belum cukup layak kalau mau dijadikan tempat wisata karena area telaga masih kotor, jadi kami juga belum berani menarik biaya masuk telaga” Ungkap Kepala Desa Madiredo saat pertama kali dikunjungi mahasiswa KKN UM.   

Aksi kerja bakti dan pungut sampah dimulai dengan menyapu sampah plastik dan daun-daun di area Telaga Madiredo. Kemudian dilanjutkan dengan menjaring sampah anorganik yang ada di telaga dan sungai-sungai kecil di sekitar telaga. Tak hanya itu, mahasiswa KKN UM juga menata ulang tanaman hias di area telaga. Selain mahasiswa KKN UM, masyarakat yang tinggal di area sekitar telaga juga memasang lampu-lampu penerangan di area telaga. Aksi kerja bakti dan pungut sampah yang kedua akan dilaksanakan kembali pada bulan Juli.

Melalui program kerja ini, diharapkan masyarakat sekitar dapat terus menjaga kebersihan dan keindahan area Telaga Madiredo. Sehingga dapat menarik minat wisatawan untuk mengunjungi Telaga Madiredo.

Mahasiswa KKN UM Desa Madiredo

No Comments

Add your comment